Keuangan · Life Hack

Financial Hack! Tips Untuk Mengatur Keuangan Ala Kaum Milenial

Guys, kamu semua ngerasain ga sih tiap habis gajian kok rasanya berapa hari kemudian udah hilang gitu aja… hiks. Sedih banget! Jadi tiap bulan tuh kita ga ada sisa untuk nabung, atau investasi, dsb. Udah coba berbagai macam tips dan trik tapi kok masih mandek aja… Gimana ya???

Jawabannya adalah: paksa dirimu untuk melakukan langkah di bawah ini dan stick to the rule! Karena hack ini gak akan bisa jalan jika kamu banyak lengahnya.

Oke, kita mulai ya. Di sini aku mau ngobrolin masalah keuangan. Ini akan jadi topik yang aku kepingin share dari awal karena kepingin diskusi juga apakah cara yang aku lakukan ini sudah benar atau belum, sekaligus menjadi inspirasi untuk kami kaum milenial.

Langsung aja ya, aku akan tanya dulu deh, gaji kalian berapa? Memang setiap orang beda range gajinya antara daerah satu dengan yang lain. Aku di sini akan memakai 5 juta untuk gaji rata-rata milenial sekarang. Belum ditambah lembur dan tunjangan lain sebagainya.

BUAT ANGGARAN BULANAN

Kamu bisa cari planner ini di Google. Di Excel pun sebetulnya ada, kamu tinggal cari dan isi sesuai dengan destkripsi. Track anggaran kamu secara detail. Dari mulai biaya ngekos, biaya transportasi harian, biaya listrik, biaya BPJS, biaya telepon dan internet, dsb. Semua harus tercantum untuk bisa dikira-kira dan dievaluasi biaya apa yang paling besar dan bisa ditekan untuk ditabung. Selalu lakukan ini setiap bulannya.

INI RULESNYA: 5-3-2!

Ini adalah tips yang aku jalani setelah aku buat anggaran bulanan: evaluasi menggunakan 5-3-2. Apa sih 5-3-2 ini? Maksudnya gimana? Maksudnya adalah 50% untuk kebutuhan pokok, 30% selanjutnya adalah untuk investasi, 20% untuk uang darurat. Balik ke awal tadi, misalkan gaji kita 5 juta. Aku akan taruh 2,5 juta untuk kebutuhan pokok, lalu 1,5 juta untuk investasi, dan sisanya 1 juta untuk dana darurat. Jadi anggaran kita tadi kita evaluasi lagi dari awal, sudah cukupkah atau lebihkah? Patokannya adalah 5-3-2 itu ya. Apa yang kita lakukan apabila ada income tambahan??? Jawabanku adalah masukkan ke investasi atau dana darurat. Penting banget tuh keduanya.

BUKA REKENING BARU

Jujur aja awalnya aku tuh kayak, serius buat baru lagi??? Banyak banget loh rekening aku! Tapi that is the point. Pertama, kamu harus punya rekening utama untuk payroll. Kedua, kamu harus punya rekening untuk dana darurat (tinggal ATM dan mBankingnya nonaktif kalo bisa). Ketiga, kamu juga harus punya rekening untuk income tambahan kamu. Income tambahan ini yang akan kamu putar-putar lagi buat kehidupan bisnis tambahan kamu itu ya, jangan dipakai buat yang lain. Aku saranin pakai Jenius, karena menurutku banyak fitur yang bisa buat nabung tanpa harus mikir ini itu dan takut jebol. No, aku engga di-endorse kok hehehe.

PAKAI FITUR CASHBACK GOPAY/OVO DAN SEJENISNYA

Siapa sihhh yang ga mau dapet cashback??? Dah itu aja sih. Tapi ingat, harus ada anggaran sebulannya berapa. Kalo mau nambah dari dana darurat aja yang bisa dipake kalo bener-bener-bener-bener-bener-bener-beneran 100% mepet.

INVESTASI!!!

Investasi apa sih yang bagus??? Yes pertanyaan itu buanyak banget kan yang nanya. Tapi, semua investasi itu bagus kok. Tinggal kamu pilih mau jangka panjang apa jangka pendek. Investasi itu ada reksadana, deposito, SBN, saham, atau bisa juga logam mulia. Aku pribadi pilih reksadana, saham, dan logam mulia huahahah maruk dot com. Lagi nungguin SBN tapi masih mikir-mikir sih hhehe. Pintar-pintar kita aja gimana.

INGAT, KAMU LAKUKAN SEPERTI INI UNTUK MASA DEPAN KAMU YA!

Begitulah financial hack yang berhasil aku rangkum secara ringkas. Intinya, ini tuh kesadaran diri kalian aja. Udah bekerja, berpenghasilan sendiri, umur sudah menjelang atau sudah dewasa, saatnya berpikir terbuka mengenai kondisi keuangan. Apalagi nanti kalau sudah punya pacar, punya suami… keuangan masuk dalam hal fundamental. Jadi sebisa mungkin jadikan habit dari sekarang supaya kedepannya gak gelagapan mau nikah mau punya anak bingung biayanya atau mau sekolahin anak bingung lagi biayanya darimana. Dan satu lagi, please hindari berhutang, ya!

Oke deh, kalo gitu sekian dan terima kasih! Salam sobat kismin!!! Hehehehehehe.

One thought on “Financial Hack! Tips Untuk Mengatur Keuangan Ala Kaum Milenial

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *