Books · Review · Uncategorized

Book Review (in Bahasa Indonesia) – What the Wind Knows by Amy Harmon

Hi!

Kalian pernah gak sih, setiap baca novel terus pas udah kelar jadi kayak… ngawang gitu. Seperti meninggalkan sesuatu, tapi sebetulnya ya tidak ada. Pasti sering banget, kan.

Aku akan menceritakan sedikit pengalamanku baca novel. Jujur aja, ini buku pertama yang kuhabiskan di tahun 2019 (karena aku baru punya Kindle hahaha, review pemakaian Kindle menyusul ya). Ketika aku membaca novel, aku berasa dihipnotis dan jadi gak mau berhenti baca bukunya. Alhasil, setelah selesai itu seperti ada rasa senang telah menyelesaikan buku dan perasaan hampa karena aku tau ini cuma buku dan gak ada kejadian tuh di dunia nyata (kecuali buku based on true stories ya). Tapi, ini yang penting, bahwa setiap buku itu punya perasaan sendiri sehabis baca. Entah itu sedih, kehilangan, kesendirian, kebanggaan, you named it. Banyak sekali.

REVIEW

What-the-Wind-Knows-edit-200x300Aku senang sekali ketika tau bahwa buku ini ada konteks sejarahnya. Ketika melihat pertama kali di Kindle, buku ini dicap sebagai bestseller. Buku ini baru saja terbit di bulan Maret 2019 lalu, tapi sudah ada sekitar 2500 reviews di Amazon.com. Buku ini menceritakan kisah yang terjadi di Irlandia sekitar tahun 1920an, di mana pada saat itu Irlandia sedang berusaha untuk memerderkakan diri dari Inggris. Amy Harmon menulis dengan sangat detail sekali dan aku betul-betul kagum dengan cara dia menjelaskan hal-hal kecil seperti bagaimana berpakaian di era tersebut. Lalu, ada juga karakter yang diambil dari tokoh nyata seperti Michael Collins. Aku makin suka karena di sini banyak sekali sejarah tentang Irlandia yang belum aku ketahui. 

Selain sejarah, ada juga kisah romantis dong (soalnya ini romance-history book). Nah, yang seru adalah plotnya guys. Aku gak akan spoiler any of the stories tapi plotnya enak banget untuk diikuti dan endingnya aku suka. Lalu, setting tempatnya juga nilai plus karena di Ireland itu banyak lokasi yang underrated banget. Kisah unik tentang bonding kekeluargaannya juga sangat menarik.

What the Wind Knows menjadi buku yang aku rekomendasikan karena pertama, bagian sejarah, percintaan, kekeuargaan, pertemanan, loyalitas, itu porsinya rata. Menurutku gak ada yang dominan, semuanya kebagian. Kedua adalah, jalan ceritanya mudah dimengerti dan setting tempatnya sangat mendukung sekali. Ketiga, karakternya sama kuat tapi walau begitu diceritakan dengan sangat baik. Minusnya cuma satu, di akhir cerita aku kayak, how did they do that kind of ‘thing’??? Penulisnya memang kasih tau bahwa ada time-travelling moments, tapi aku belum jelas bagaimana itu terjadi hahaha.

Jika buku ini diadaptasi menjadi film, aku membayangkan yang menjadi karakter utama laki-laki adalah Matthew Goode. Kalau yang perempuan aku belum tahu, mungkin Amanda Seyferd atau Rachel McAdams? Menurutmu siapa?

OVERALL RATING

five-stars-icon-image-vector-12527966

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *