Japan · life · Uncategorized

Mencoba Trial 1 Sesi Cakap.com

Hi! Selamat datang kembali di blog ini.

Kali ini saya mau cerita tentang aplikasi Cakap.com. Apasih Cakap.com ini? Jadi dulu namanya Squline guys, nah seiring berjalannya waktu namanya berubah menjadi Cakap.com. Jadi aplikasi ini adalah aplikasi daring pertama belajar bahasa dengan interaksi dua arah secara langsung di Indonesia. Kamu cuma butuh hp yang punya kamera depan, atau laptop yang punya kamera depan, terus koneksi internet yang stabil kalau bisa 4G ya, dan tentunya aplikasi Cakap.com dong.

Hari ini, 7 Juni 2019, saya berkesempatan untuk mencoba trial 1 sesi di Cakap.com belajar bahasa Jepang. Jadi saya ikut 1 sesi ini yang mana temanya itu Japanese Placement Test (untuk yang pertama kali ambil kelas online ini ya). Saya pilih waktu yang sesuai dengan yang saya miliki, kebetulan saya bebas di jam 2 siang. Oh iya, kita juga bisa pilih pengajar loh! Misalkan, kita mau pesan hari Jumat, kita bisa lihat dulu siapa pengajar yang mengajar yang sesuai dengan gaya pembelajaran kita lalu lihat waktu lesnya. Baru deh dipilih! Kebetulan pada saat saya ikut Japanese Placement Test, sensei yang mengajar hanya ada satu. Kemungkinan besar dikarenakan libur lebaran.

Jam belajar pun tiba. Satu sesi ini cuma bisa berlangsung 45 menit ya. Waktu itu saya selesai selama 33 menit dan senseinya mengajar dengan gaya yang enak dan sangat dimengerti. Jujur aja, saya sudah mengenal sedikit bahasa Jepang jadi cuma butuh brushup skill lagi. Apa saja materinya ketika itu? Kalau kalian buka modulnya, kalian bakal belajar huruf hiragana dan katakana. Jika kalian sudah hafal, kalian akan langsung mencoba testnya. Ada sekita 15 pertanyaan, tapi saya hanya disuruh menjawab 10 pertanyaan. Menurut saya pertanyaannya mudah, apalagi kita dibimbing oleh sensei yang asik ya.

Setelah sesi berakhir, saya lantas dapat email dari Cakap mengenai hasil Placement Test yang baru saja diikuti! Ya ampun cepat sekali! Di dalam email live report tersebut ada skor listening, grammar, reading, dan conversation. Setelah itu ada assessment result kita masuk level mana. Aku? Jelas masuk Level 1 alias apprentice hahahaha!

So far, aplikasi ini bagus banget buat kita yang mau belajar banyak bahasa tapi minim waktu. Seperti saya, saya bekerja dari Senin sampai dengan Sabtu dan merasa kesulitan untuk datang ke tempat les karena susah banget curi waktu hehehe. Nah, Cakap.com mempermudah kita untuk belajar banget karena bisa menyesuaikan dengan waktu yang kita punya. Itu kelebihan yang wow banget sih, menurut saya. Lalu, kita juga bisa pilih guru sendiri. Jadi kita bisa pindah-pindah pengajar misalnya kalau mau, untuk cari mana pengajar yang paling cocok dengan tipe kita.

Bicara mengenai harga, untuk harga sendiri ini tergantung paketnya ya. Misalkan Bahasa Jepang, dengan paket Short Course yang cuma satu bulan isi 8 sesi ini dihargai sekitar Rp997.000,- ya. Lalu di paket termahal ada paket Intensive Japanese isi hingga 90 sesi per bulan yang bisa dipakai sebanyak 3 sesi per harinya selama 6 bulan dihargai sekitar Rp2.997.000,- per bulan saja atau total sekitar Rp17.982.000,- untuk 6 bulan. Wow!

Bagaimana? Tertarik untuk ikut dalam kelas Cakap.com? Saya tunggu review dari kalian juga ya! Selamat belajar!

 

Cita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *